Ekonomi

Tambang Emas Ilegal Rugikan Negara Rp38 Triliun

ACEHTERKINI.COM | Dampak ilegal mining, khususnya di sektor tambang emas telah menimbulkan kerugian negara hingga mencapai Rp38 triliun per tahun.

Dirjen Minerba, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), R Sukhar di Jakarta, Senin (29/09/2014) menuturkan, jumlah tersebut besar mengingat potensi penerimaan negara di sektor tambang dapat dimanfaatkan dengan baik bagi pengelolaan dana APBN.

“Ilegal mining untuk komoditas emas per tahunnya rata-rata mencapai 65 ton sampai 120 ton. Kalau 65 ton, nilai devisanya bisa mencapai Rp32 triliun. Belum lagi royaltinya kira-kira mencapai Rp1,2 triliun dan pajaknya Rp4,8 triliun,” ujar Sukhyar.

Indonesia, menurut Sukhyar, memiliki kekayaan alam besar yang bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat. Namun, ia mengakui hasil tersebut belum dioptimalkan dengan baik.

“Tanpa adanya kebijakan yang baik, maka itu tinggal ngambil. Karena itu sangat mudah diambil, maka saya sebut bahwa tindakan ilegal mining merugikan negara, menguntungkan oknum,” tutur dia

“Tanpa ada peran Pemda upaya pemberantasan tambang ilegal tak bisa berjalan optimal. menjadi kewajiban bersama,” imbuh dia. [inilah]

To Top