Lingkungan

Rawa Tripa Masuk Dalam Kawasan Lindung Gambut

ACEHTERKINI.COM | Kepala Dinas Kehutanan Aceh, Husaini Syamaun mengatakan kawasan gambut yang pernah dikuasai oleh perusahaan sawit PT. Kallista Alam bisa kembali menjadi hutan dan dalam Rencana Tata Ruang Aceh sudah masuk dalam kawasan lindung gambut.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Husaini Syamaun bersama Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dalam komperensi pers saat menerima kunjungan LSM Lingkungan di Pendapa Gubernur Aceh, Senin (16/9/2014).

Husaini menjelaskan untuk menguatkan kawasan Rawa Tripa eks lahan PT. Kallista Alam itu, Gubernur Aceh sudah mengeluarkan surat tanggal 1 September 2014, nomor 590/33227 perihal tindak lanjut eks areal PT. Kallista Alam.

Surat yang ditujukan kepada Bupati Nagan Raya ini menyebutkan terkait dengan penanganan eks areal PT. Kallista Alam yang terletak di Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya seluas 1.605 hektar itu telah dialokasikan menjadi kawasan lindung gambut seluas 1.445 hektar.

Sedangkan untuk perkebunan rakyat dialokasikan seluas 150 hektar.

Mengingat eks areal PT. Kallista Alam itu berada dalam kawasan KEL, maka kegiatan yang dapat dilakukan dalam bentuk perlindungan, pengamanan, pelestarian, pemulihan fungsi kawasan dan pemanfaatan secara lestari yang akan dikelola oleh Unit Pelaksanaan Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan pada Dinas Kehutanan Aceh. (UPTD KPH Wilayah IV). [red]

To Top