Pendidikan

Pendidikan Aceh Peringkat 15 Nasional

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengatakan pencapaian pendidikan Aceh semakin membaik dan bergerak naik terhadap angka ideal.

“Dari sudut indikator fundamental pencapaian delapan Standar Nasional, pendidikan Aceh mencapai angka ideal atau hampir berada di posisi rata-rata nasional, dengan nilai rata-rata NSP Aceh 63,49 persen atau berada pada peringkat 15 dari 33 provinsi di tanah air,” kata Gubernur Aceh, Zaini Abdullah pada moment Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke-55, (2/9/2014).

Beberapa tahun terakhir ini capaian kualitatif pendidikan Aceh semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan banyaknya torehan prestasi yang diraih putra putri Aceh dalam berbagai even perlombaan tingkat nasional dan internasional, seperti Olimpiade Sains, perlombaan karya ilmiah, perlombaan guru dan kepala sekolah berprestasi.

Disebutkan dia, dari 20 even yang diikuti, provinsi Aceh berhasil meraih 78 penghargaan yang terdiri dari 14 emas, 21 perak, 28 perunggu dan 15 juara harapan.

“Pencapaian lainnya yang tidak kalah membanggakan adalah hasil nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi nomor II tingkat nasional diperoleh siswa Aceh yaitu Fathur Rahman, siswa SMP Negeri Arun, Kota Lhokseumawe,” sebutnya.

Gubernur Aceh mengajak semua pihak di Aceh untuk terus melanjutkan program-program pendidikan yang lebih mengarah kepada peningkatan mutu dan daya saing lulusan.

“Mari terus kita lakukan upaya meningkatkan kesejahteraan guru, termasuk kualitas dan kapasitasnya,” pinta Gubernur Aceh, Zaini Abdullah. [red/ril]

To Top