Sosial

Masalah Hukuman Cambuk, Ulama Dikumpulkan

ACEHTERKINI.COM | Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh, Mairul Hazami mengatakan ada 40 kader ulama Kota Banda Aceh mengikuti pendidikan dan pelatihan terhadap problematika ummat saat ini di Hotel Regina, Senin (22/9/2014).

Ia menjelaskan peran ulama di Kota Banda Aceh sangatlah urgen dalam menghadapi problematika ummat. Terutama kejadian hukuman uqubat cambuk bagi pelanggar Syariat Islam di Kota Banda Aceh.

Menurutnya masyarakat di Kota Banda Aceh kini merasa aneh ketika melihat kejadian hukuman cambuk yang diterima oleh delapan pelaku maisir. “Warga justru menanyakan kenapa hukuman cambuk dilakukan,” terangnya.

“Disinilah pentingnya peran ulama dalam mensosialisasikan Syariat Islam kepada masyarakat. Ulama harus mampu menjelaskan bahwa penyelenggaraan Syariat Islam justru ingin menyelamatkan manusia dari kebatilan dan kebodohan,” kata Mairul Hazami.

Ditambahkannya, kegiatan pendidikan bagi para kader ulama ini juga merupakan salah satu upaya untuk menyamakan persepsi dan penyatuan tujuan serta langkah kedepan dalam menjalankan Syariat Islam di tengah tengah masyarakat di wilayah Kota Banda Aceh.

“Mewujudkan Banda Aceh model kota madani dibutuhkan upaya dan kontribusi ulama, sebagai pewaris nabi mereka juga menjadi panutan masyarakat,” ujarnya lagi.

“Mudahan mudahan dalam pendidikan selama 5 hari ini akan dibahas banyak hal terkait perkembangan zaman dan problematika yang hadapi umat di Banda Aceh sehingga Banda Aceh sebagai model kota madani dapat segera terwujud” harap Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh ini.

Ketua MPU Kota Banda Aceh, Tgk. Karim Syekh mengatakan kegiatan pendidikan bagi kader ulama (PKU) kali ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari dari berbagai unsur mewakili Kecamatan, Dayah/Pesantren dan Ormas Islam dalam wilayah Kota Banda Aceh.

Pendidikan tersebut akan berlangsung selama 5 hari sampai Jum’at, 26 September 2014 dengan dipandu oleh pemateri ahli seperti Prof Dr Muslim Ibrahim, Tgk Karim Syekh, Dr Tgk Syamsul Bahri S Ag, Dr Tgk Zamanhuri, Tgk H Tamlicha Hasan, Tarmizi Jafar.

Pelatihan ini mengajarkan ilmu ilmu agama islam seperti ilmu tauhid, tafsir, hadits, fiqh dan ushul fiqh, tarikh tasyri’ dan akhlak tasawuf. [reza/*]

To Top