Layanan Publik

Laporan Keuangan Aceh Bukan Bersifat Rahasia

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh, Zaini Abdullah melalui Sekda Aceh, Dermawan mengatakan laporan keuangan Pemerintah Aceh bukanlah bersifat rahasia.

Sesuai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, laporan keuangan pemerintah boleh diketahui oleh publik.

Hal tersebut dikatakan Dermawan melalui Asisten Administrasi Umum, Muzakar A. Gani saat membuka kegiatan sosialisasi Pergub Kebijakan Akuntansi Pemerintah Aceh, di Hotel Pade, Kamis (18/9/2014).

Ia menjelaskan jika masyarakat meminta laporan keuangan itu, maka sudah menjadi keharusan bagi pemerintah untuk membuka laporan tersebut ke ruang publik.

“Tolak ukur pengelolaan keuangan yang baik adalah dapat mengontrol kebijakan keuangan daerah secara ekonomis, efisien dan transparan,” ujar Muzakar A. Gani.

Pada tahun 2015 mendatang, Pemerintah Aceh sudah akan menerapkan sistem akuntansi pemerintah berbasis akrual di semua jajaran SKPA.

Sistem ini akan lebih baik karena pemerintah dapat mengidentifikasi posisi keuangan dan perubahannya. Sehingga laporan sistem akrual ini lebih terpercaya, akurat, komprehensif dan relevan untuk pengambilan keputusan ekonomi, social dan politik.

“Sistem akuntansi ini merupakan standar yang berlaku di jajaran Pemerintahan Indonesia,” tutup Muzakar A. Gani.

Untuk diketahui Peraturan Gubernur Aceh Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Akuntansi Pemerintah Aceh diterbitkan pada 26 Mei 2014.

Pergub ini selanjutnya menjadi dasar penerapan pengelolaan keuangan berbasis akrual di lingkungan Pemerintah Aceh. [red/ril]

To Top