Politik

Inilah Wajah Baru DPRK Aceh Utara

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 40 dewan terpilih termasuk 5 incumbent dilantik, Senin (01/08/2014). Pelantikan berlangsung di gedung DPRK setempat sejak pagi tadi hingga sore tadi.

Pantauan media ini, acara yang bertajuk rapat Paripurna ke -9 dalam rangka pengucapan sumpah/janji anggota dewan terpilih untuk periode 2014 – 2019 ini berlangsung khidmad.

Polisi dan TNI juga mengawal ketat proses acara tersebut. Berikut nama-nama dewan terpilih yang sudah melakukan pengambilan sumpah/janji dihadapan ratusan pasang mata :

  1. Partai Aceh : Junaidi, Fauzi, Mukhtar, M.Dahlan Ilyas, Sulaiman, Tgk Fauzan Hamzah SHI, Arafat, Nurdin Hasbi, Supianuddin,Tgk Abdullah Ben Yunus, Abdul Mutaleb, S.Sos, Tgk Maimunsyah, Tgk Muhammad Nasir, Riyanti, Saifuddin, Ismail Arahman, Mawardi M, Syahril Indra, Samsuddin JS, Ismail A. Jalil, Jamaluddin Jalil, Drs, Ismail Kamil, Muhammad Nasir, dan Syarwani.
  2. Partai Persatuan Pembangunan : Tgk H. Saifannur H. Cut, Zulfadli, A. Taleh SE, Zainuddin Iba, SE, MM, Tgk Marhaban Habibi, S.Pdi, H. Ismed Nur AJ Hasan, S.Sos, dan H. Mulyadi CH.
  3. Partai Nasdem : Saiful, A.Md, Anzir SH, Iskandar, dan T. Baktiar.
  4. Partai Amanat Nasional : M. Sani Ishak, Saifullah, dan Hasanusi.
  5. Partai Nasional Aceh : Sofiyan Hanafiah, dan Misbahul Munir, ST.
  6. Partai Golongan Karya : H. Hasanuddin dan Drs. As’adi.
  7. Partai Demokrat : Tantawi, A.Md.
  8. Partai Kebangkitan Bangsa : Muhammad Ali.
  9. Partai Gerakan Indonesia Raya : H. Anwar Risyen.

Hadir menyaksikan pelantikan ini diantaranya, Korem 011/Lilawangsa, Danlanal Lhokseumawe, Kapolres Lhokseumawe, Dandim 0103/AUT, Kapolres Aceh Utara, Kejari Lhoksukon, dan Bupati serta wakil bupati Aceh Utara. Hadir juga ketua MPU Aceh Utara, dan seluruh perangkat SKPK kabupaten serta ratusan tamu undangan lainnnya.

Selaku ketua Dewan sementara dalam acara pengakuan sumpah dan janji ini, Abdul Mutaleb, S.Sos menyampaikan terimakasih kepada seluruh tamu undangan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRK Jamaludin Jalil menyampaikan bahwa sesuai keputusan Gubernur Aceh Nomor 171.2/673/2014 tanggal 25  Agustus 2014 tentang peresmian, pemberhentian, dan pengangkatan anggota DPRK masa jabatan periode 2014-2019 sebelum memangku jabatannya harus mengucapkan sumpah/janji berdasarkan hasil keputusan rapat panitia musyawarah DPRK Aceh Utara Tanggal 22 Agustus 2014 menetapkan acara sumpah janji tersebut dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2014.

Jamaluddin Jalil juga mengatakan, sebagai sebuah sistem pemerintahan yang menganut prinsip Trias Politika, berakhirnya sebuah episode pengabdian. “Dengan sistem dan mekanisme pemerintahan yang dinamis, sinergi dan berkesinambungan yang selama ini telah kita jalankan,” jelas Ketua DPRK Aceh Utara periode 2009 – 2014 ini.

Dihadapan 45 dewan terpilih itu, Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib berharap dengan dilantiknya anggota DPRK Aceh Utara masa jabatan 2014-2019 ini, pihaknya berharap penyelenggaraan roda pemerintahan dan pembangunan di kabupaten ini setidaknya dapat terselenggara dengan baik dan lancar.

“Untuk itu, mari (red-anggota dewan) menjalankan tugas dengan amanah, membangun kinerja pemerintahan yang visioner, responsif, inovatif, akseleratif, efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Serta, melakukan kebijakan pembangunan yang pro-job, pro-growth, dan pro-environment,” harap Bupati Cekmad. [Pariwara/Jamal]

To Top