Ekonomi

Ikrar Minyak Sawit Indonesia Ditandatangani, Tidak Menanam di LahanGambut

ACEHTERKINI.COM | Amerika Serikat menyambut baik penandatanganan Ikrar Minyak Sawit Indonesia (Indonesia Palm Oil Pledge) pada KTT Iklim PBB 2014.

Ikrar ini merupakan kesepakatan antara produsen kelapa sawit yang berkomitmen untuk menjalankan praktik-praktik industri minyak kelapa sawit yang berkesinambungan.

Hal ini mencakup keterlibatan pemerintah secara proaktif dalam reformasi kebijakan dan ketentuan untuk tidak menanam pada lahan berkarbon tinggi atau lahan gambut.

Ikrar ini ditandatangani pada 24 September 2014 oleh CEO Cargill, Asian Agri, Golden Agri-Resources, Wilmar dan KADIN.

Dalam siaran tertulis yang diterima acehterkini dari Konjen Amerika di Medan, Sabtu (27/9/2014) menyebutkan ikrar ini melebihi komitmen kesinambungan perusahaan-perusahaan tersebut.

Dengan diterapkannya ketentuan tersebut oleh pihak ketiga dan dalam kegiatan operasi para penandatangan ikrar di seluruh dunia, maka perusahaan-perusahaan ini telah mengupayakan rantai pasokan minyak sawit secara lebih berkesinambungan serta memberikan pembelajaran terbaik bagi industri ini.

Pemerintah AS berharap dapat bekerja sama dengan para penandatangan ikrar, masyarakat madani, dan Pemerintah Indonesia dalam menerapkan dan mendukung komitmen yang tertuang di dalam ikrar. [red/*]

To Top