Nasional

Gerindra dan PDIP Belum Seperti Partai PKS

ACEHTERKINI.COM | Partai Gerindra diyakini butuh waktu yang panjang untuk bisa menjadi partai kader, seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Pasalnya, saat ini ketergantungan partai tersebut kepada sosok Prabowo Subianto dan keluarganya masih sangat kuat.

Demikian disampaikan pengamat politik senior AS Hikam, Sabtu (20/9/2014) menanggapi pemilihan Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum DPP Partai Gerindra secara aklamasi.

“Ini juga akan dialami PD jika Pak SBY tidak segera menyapih partai ini dari ketergantungan,” sambung Hikam dikutip dari JPNN Group.

Sementara PDIP yang kini berkuasa, jelas Hikam, merupakan kasus yang agak berbeda dengan Demokrat dan Gerindra. Diakuinya, bisa jadi PDIP akan lebih lama lagi tergantung kepada Megawati Soekarnoputri dan keluarga Bung Karno.

“Namun demikian, jika kita lihat keberanian beliau (Megawati) menunjuk Jokowi sebagai cagub DKI dan kemudian capres, demikian pula menunjuk Risma sebagai cawalkot dan lain-lain, maka tidak tertutup kemungkinan MS juga akan melakukan semacam terobosan baru dalam urusan kepemimpinan PDIP,” ungkapnya.

“Jika ini yang terjadi, maka PDIP akan mengalami revolusi mental dalam elitnya yang akan punya dampak signifikan ke depan menuju partai kader,” pungkas Hikam. [red]

To Top