Sosial

Dinas Kelautan Aceh Lahirkan Program Bantu Pesantren

ACEHTERKINI.COM | Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh melalui Kepala Bidang Perikanan Budi Daya, Ir. T. Diauddin mengatakan Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh akan menjalankan program yang diberi nama “Peumakmu Dayah” (red- Makmurkan Pesantren).

Adanya program tersebut disampaikannya saat melakukan silaturrahmi dengan ketua Pemuda Tani Indonesia (HKTI) Aceh, Tarmizi A. Gani, kemarin.

Gagasan program ini dilaksanakan dengan beberapa tujuan yang terfokus, antaranya peningkatan SDM santri dayah di bidang perikanan untuk melahirkan kewirausahaan yang mandiri dan peningkatan gizi.

Pada hakikatnya program ini di harapkan bisa terarah pada tahap peningkatan harkat martabat santri, program ini mulai di jalankan pada tahun 2014 dan seterusnya akan berlanjut pada tahun-tahun mendatang di seluruh Aceh.

Pada tahun ini, program yang sedang berjalan adalah pembudidayaan ikan air tawar di kabupaten Bireuen, Bener Meriah dan Aceh Utara, salah satu di antaranya terletak Dayah Arongan, kecamatan Simpang Mamplam, kabupaten Bireuen.

“Alokasi dana program ini berasal dari APBA tahun 2014,” kata Diauddin. [002]

To Top