Pendidikan

Aceh Tuan Rumah Debat Bahasa Inggris

ACEHTERKINI.COM | Sedikitnya 102 siswa dari 33 provinsi di seluruh Indonesia mengikuti National Schools Debating Championship atau debat bahasa inggris jenjang SMA tingkat nasional di Hotel Hermes Palace, Kota Banda Aceh selama tujuh hari (16-22/9/2014).

Lomba yang difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini dibuka oleh Direktur Pembinaan SMA Direktorat Pendidikan Menengah Kemendikbud, Haris Iskandar, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“NSDC merupakan tempat ajang bakat para siswa untuk menunjukkan kemampuan mereka terkait isu isu yang sedang hangat di masyarakat. Dan, ini yang pertama kalinya diadakan di luar pulau Jawa,” ujar Haris Iskandar,

Dikatakan dia, meskipun lomba tersebut di gelar di provinsi Aceh, namun menurutnya tetap dilaksanakan secara imparsial, dengan kata lain tetap berlangsung secara sportif.

“Bisa saja, tuan rumah tidak mendapatkan juara. Karena, lomba ini tidak melihat siapa tuan rumah,” tegasnya.

Pada kesempatan itu juga hadir Asisten I Setda Aceh, Iskandar A. Gani yang mewakili Gubernur Aceh, Zaini Abdullah.

Iskandar A Gani mengatakan selaku tuan rumah, pihaknya menginginkan seluruh anak-anak menjadi peserta kompetisi ini benar-benar nyaman dan tenang dalam mengikuti lomba.

Para siswa SMA yang mengikuti kompetisi ini adalah pelajar pilihan dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. Siswa adalah aset-aset bangsa yang perlu mendapat perhatian.

“Kemampuan berbahasa Inggris merupakan hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, seiring arus globalisasi yang menyentuh ke berbagai arah kehidupan,” katanya.

“Kemajuan teknologi kini membuat dunia seakan tanpa batas. Komunikasi antar negara bukan lagi hal yang mahal. Bahkan kita bisa berkomunikasi dengan sahabat dan handai tolan secara gratis meski dipisahkan jarak sangat jauh. Dalam hal ini, kemampuan bahasa adalah kunci utamanya,” terang Iskandar.

Sebagai tuan rumah, ia sudah meminta kepada panitia untuk menjadi tuan rumah yang baik dalam penyelenggaraan kompetisi ini. Untuk pelaksanaan kegiatan ini.

“Kami telah menyediakan tempat lomba di beberapa Sekolah di Banda Aceh, antara lain di Gedung SMA Negeri 4 Banda Aceh, SMA Fatih Biligual School dan SMA Lab school di Darussalam Banda Aceh,” Tutup Iskandar. (red/ril)

To Top