Sosial

10 Tahun Presiden RI, SBY Hanya 6 Kali ke Aceh

ACEHTERKINI.COM | Selama menjadi Presiden RI periode 2004-2014, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hanya 6(enam) kali bertandang ke Provinsi Aceh.

Menurut penelusuran acehterkini melalui mesin pencari google, Presiden SBY pertama kali berkunjung ke Aceh pada tanggal 19 Februari 2005 dalam rangka melihat kondisi Aceh pasca gempa dan gelombang tsunami 26 Desember 2004.

Kemudian selang tiga tahun, 5 Agustus 2008 Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono melakukan kunjungan kedua kalinya untuk membuka Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-V yang diselenggarakan di Taman Ratu Sulthanah Safiatuddin Kota Banda Aceh.

Berikut kedatangan SBY ke Aceh meresmikan proyek-proyek pembangunan rehab rekon Aceh. Ada 15 proyek yang diresmikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 23 Februari 2009.

Pada 29 November 2010, Presiden SBY kembali ke Aceh meresmikan hutan kota di Banda Aceh. Kedatangan SBY kali ini diwarnai aksi demontrasi mahasiswa dengan tuntutan agar SBY menyelesaikan RPP kewenangan tentang Aceh. Mahasiswa juga meminta SBY melepaskan semua tahanan politik semasa konflik di Aceh.

Tiga tahun kemudian, Presiden SBY kembali mengunjungi Aceh. Kedatangan yang kelima ini 9 Juli 2013. SBY mendarat di Kota Lhoksemawe untuk melihat kondisi Aceh Tengah dan Bener Meriah pasca gempa 2 Juli 2013. Presiden juga sempat berbincang-bincang dengan korban gempa di Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Kunjungan kerja Presiden RI, SBY yang terakhir adalah pada 20 September 2013 untuk membuka Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke VI.[red]

To Top